STRUKTUR DAN FUNGSI PEREDARAN DARAH

JANTUNG


Bagian bagian jantung

Atrium kanan

Atrium kanan adalah di mana aliran darah melalui jantung dimulai. Darah beredar melalui tubuh memasuki atrium kanan, yang terletak di sisi kanan bawah jantung. Darah memasuki atrium kanan melalui struktur termasuk vena cava superior dan inferior.
Setelah masuk melalui vena cava, darah keluar dari atrium kanan ke ventrikel kanan, yang tidak melalui katup trikuspid. Di kedua sisi jantung, atrium dipisahkan dari ventrikel oleh katup kusvid, juga disebut katup atrioventrikular.

Ventrikel kanan

Dari atrium kanan, darah perjalanan berikutnya melalui katup trikuspid ke ventrikel kanan jantung. Kedua ventrikel jantung adalah pembuluh darah berdinding tebal yang cepat dan efisien memindahkan jantung antara atrium dan kembali ke dalam tubuh. Setelah bergerak melalui ventrikel kanan, darah bergerak ke katup pulmonal, yang mendorong darah terdeoksigenasi ke paru-paru, di mana ia menerima oksigen. Ini adalah fungsi utama dari jantung manusia, yang mempertahankan tingkat tertentu oksigenasi dalam darah sistem peredaran darah itu.

Atrium kiri

Setelah menerima oksigen di paru-paru, darah bergerak dari paru-paru kembali ke jantung melalui atrium kiri. Darah kembali memasuki jantung di sini melalui satu set yang berbeda dari katup paru. Dalam hal ini, tidak seperti ketika darah keluar jantung bagi paru-paru, darah sekarang menggunakan set  vena pulmonalis kiri  untuk kembali ke atrium kiri. Untuk pindah ke ventrikel kiri, darah keluar melalui mitral, juga dikenal sebagai katup bikuspid. Darah beroksigen sekarang siap untuk masuk ke dalam tubuh.

Ventrikel Kiri

Untuk masuk ke dalam tubuh dan beredar, darah harus melakukan perjalanan dari atrium kiri melalui ventrikel kiri. Yang penting, ventrikel kiri dipisahkan dari aorta melalui katup aorta. Darah dari aorta sekarang siap untuk keluar jantung dan beredar ke seluruh tubuh. Ini dilakukan melalui serangkaian besar pembuluh darah dan arteri. Beberapa jalur yang paling penting dan utama dari jantung termasuk arteri brakiosefalika, arteri karotid kiri dan arteri subklavia kiri. Ini hanya beberapa dari arteri terbesar dan yang paling penting, namun lainnya juga ada.

Selaput Jantung

Perikardium adalah membran yang mengelilingi dan melindungi jantung. Terdiri dari dua lapisan yang dipisahkan oleh rongga sempit. Lapisan dalam melekat erat pada dinding jantung dan dikenal sebagai lapisan visceral atau epikardium. Lapisan luar terdiri dari jaringan ikat yang relatif inelastis dan disebut lapisan parietal. Lapisan berserat ini mencegah distensi jantung, sehingga mencegah peregangan berlebihan dari otot jantung. Rongga antara dua lapisan mengandung cairan yang berfungsi sebagai pelumas, untuk memfasilitasi pergerakan jantung dengan meminimalkan gesekan. ligamen sternopericardiac menghubungkan lapisan parietal pada tulang dada dan ligamen phrenopericardiac menghubungkan lapisan parietal ke diafragma. Yang terakhir ini hadir hanya dalam anjing dan babi.

Lapisan Dinding Jantung

Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan: epikardium (lapisan luar), miokardium (lapisan tengah) dan endokardium (lapisan dalam). Epikardium sangat tipis, lapisan luar transparan dinding dan terdiri dari jaringan ikat halus. Miokardium, terdiri dari jaringan otot jantung, membuat sebagian besar dinding jantung dan bertanggung jawab untuk tindakan memompa. Ketebalan miokardium mencerminkan beban pada masing-masing daerah spesifik jantung. Endokardium adalah lapisan tipis endothelium atasnya lapisan tipis jaringan ikat. Ini memberikan lapisan halus untuk bilik jantung dan mencakup katup. Endocardium terhubung dengan lapisan endotel pembuluh darah besar yang melekat pada jantung.

Katup Jantung

Katup Atrioventrikular kanan (Katup trikuspid)

Katup trikuspid membentuk batas antara ventrikel kanan dan atrium. Darah yang terdeoksigenasi memasuki sisi kanan jantung melalui vena kava inferior dan superior. Darah mengumpul ke atrium kanan, dan mengalir melalui katup trikuspid sebelum memasuki ventrikel kanan. Kemudian, darah keluar dari jantung melalui arteri paru-paru (pulmonalis), kemudian darah transit ke paru-paru untuk oksigenasi. Istilah “trikuspid” mengacu pada bagaimana katup dibangun. Yang berarti memiliki tiga lipatan seperti katup, dan ketika menutup katup ini mencegah darah kembali ke atrium kanan. Katup trikuspid bukan satu-satunya katup jantung yang memiliki tiga katup. Di sisi kiri jantung, katup aorta juga dilengkapi tiga katup. Katup ini menjadi batas antara ventrikel kiri dan aorta.

Katup Pulmonal

Katup pulmonal adalah salah satu dari dua katup yang memungkinkan darah untuk meninggalkan jantung melalui arteri. Ini adalah katup satu arah. Darah tidak bisa mengalir kembali ke jantung melalui katup terebut. Katup dibuka oleh tekanan darah yang meningkat dari sistol ventrikel, mendorong darah keluar dari jantung dan masuk ke dalam arteri. Katup ini menutup bila tekanan dalam jantung menurun. Katup pulmonal terletak di ventrikel kanan jantung. Katup pulmonal terbuka ke arteri pulmonalis. Frekuensi siklus ini tergantung pada denyut jantung. Stenosis katup pulmonal adalah suatu kondisi di mana aliran darah keluar dari jantung terhambat pada katup pulmonal. Penyebab paling umum biasanya adalah penyakit jantung bawaan, meskipun penyakit rematik jantung dan tumor karsinoid ganas juga dapat menimbulkan masalah.

Katup Atrioventrikular kiri (Katup mitral)

Katup mitral terletak di antara atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup mitral terbuka untuk peningkatan tekanan ketika atrium kiri terisi dengan darah. Darah mengalir ke dalam ventrikel kiri jantung yang mengembang (diastole). Kemudian menutup ketika jantung berkontraksi (sistole) dan darah masuk ke aorta. Proses ini sangat penting untuk fungsi jantung. Kadang-kadang katup mitral tidak menutup dengan benar; ini dikenal sebagai prolaps katup mitral. Hal ini dapat menyebabkan darah bocor dengan cara yang salah, yang dikenal sebagai regurgitasi, yang menyebabkan sesak napas, jantung berdebar, dan nyeri dada. Namun, dalam banyak kasus, masih ada katup yang cukup ketat untuk mencegah regurgitasi, begitu banyak orang tidak tahu bahwa mereka memiliki prolaps katup mitral. Kadang-kadang, prolaps katup mitral dapat menyebabkan endokarditis infektif. Ini adalah bentuk infeksi yang membuat jantung berdebar, dan harus diobati dengan antibiotik.

Katup Aorta

Katup aorta terletak antara aorta dan ventrikel kiri jantung. Vena Pulmonal mengalirkan darah beroksigen ke atrium kiri jantung. Kemudian melewati katup mitral dan masuk ke ventrikel kiri. Pada setiap tindakan kontraksi jantung, darah beroksigen keluar dari ventrikel kiri melalui katup aorta. Sebagai bagian dari sistem jantung, katup rentan terhadap dua kondisi utama: Jika katup gagal untuk membuka semua jalan, hasilnya adalah stenosis aorta. Penyakit ini mempengaruhi kemampuan darah untuk pindah ke aorta secara efektif, dan dapat terjadi penyumbatan. Jika darah yang mengandung oksigen mengalir ke arah yang salah, fenomena yang disebut regurgitasi aorta akan terjadi. Hal ini disebabkan oleh katup aorta tidak berfungsi dengan benar. Pada dasarnya, darah dipompa ke aorta, tapi katup tidak menjaga dari memasuki kembali ventrikel kiri.

Bagaimana jantung memompa darah?

  • Jantung Anda terbagi menjadi dua sistem pemompaan terpisah, sisi kanan dan sisi kiri.
  • Sisi kanan jantung menerima darah miskin oksigen dari pembuluh darah Anda dan memompanya ke paru-paru Anda, di mana ia mengambil oksigen dan menghilangkan karbon dioksida.
  • Sisi kiri jantung menerima darah yang kaya oksigen dari paru-paru dan memompanya melalui arteri ke seluruh tubuh Anda.
  • Jantung Anda memiliki empat bilik terpisah yang pompa darah, dua di sisi kanan dan dua di kiri.

SUMBER:http://usaha321.net/bagian-bagian-jantung-manusia-dan-fungsinya.html


Komentar

Postingan Populer