NEFRITIS


Nefritis interstisial adalah gangguan yang memengaruhi ruang di sekitar nefron. Nefritis adalah peradangan (pembengkakan) dari nefron. Penyakit ini dapat berupa akut atau kronis.
Hasil gambar untuk nefritisHasil gambar untuk nefritis
Ginjal membuang limbah dari tubuh kita, sekaligus menyeimbangkan cairan tubuh. Setiap ginjal memiliki 1 juta filter kecil yang disebut nefron. Nefron adalah tabung melingkar kecil dengan bola di salah satu ujungnya. Nefron mengalirkan urin ke tabung (ureter) yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih.
Gejalanya meliputi demam dan ruam. Urin mungkin mengandung sel-sel abnormal. Sel-sel ini biasanya berupa eosinofil, sejenis sel darah putih.
Sering kali, penderita mungkin tidak merasakan gejala apapun sampai fungsi ginjal sudah sangat terganggu. Jika sudah mencapai tahap ini, gejala gagal ginjal (kelemahan, mual, gatal-gatal, muntah, pembengkakan kaki, dan rasa logam di mulut) sudah dapat terjadi.
Ketika infeksi sudah menyebabkan nefritis, penderita akan mengalami demam, menggigil, nyeri punggung, dan gangguan kencing (rasa terbakar, frekuensi terganggu, keraguan, dan kencing berdarah). Tekanan darah mungkin menjadi tinggi dan kadang-kadang sulit untuk dikendalikan. Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. 
Nefritis interstisial biasanya disebabkan oleh obat-obatan, termasuk antibiotik, obat anti-inflamasi, dan diuretik. Obat-obatan lain, dibarengi dengan infeksi bakteri dan virus, juga dapat menyebabkan penyakit ini menyerang. Pada kasus yang jarang terjadi, penyakit ini berhubungan dengan gangguan sistem kekebalan tubuh seperti lupus, sarkoidosis dan sindrom Sjogren. Kadang-kadang, penyebabnya tidak diketahui.
SUMBER:https://hellosehat.com/penyakit/nefritis-interstisial/

Komentar

Postingan Populer