MINERAL

MINERAL
Mineral adalah padatan senyawa kimia homogen, non-organik, yang memiliki bentuk teratur (sistem kristal) dan terbentuk secara alami. Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). Ilmu yang mempelajari mineral disebut mineralogi.

Klasifikasi dan definisi mineral

Agar dapat diklasifikasikan sebagai mineral sejati, senyawa tersebut haruslah berupa padatan dan memiliki struktur kristal. Senyawa ini juga harus terbentuk secara alami dan memiliki komposisi kimia yang tertentu. Definisi sebelumnya tidak memasukkan senyawa seperti mineral yang berasal dari turunan senyawa organik. Bagaimanapun juga, The International Mineralogical Association tahun 1995 telah mengajukan definisi baru tentang definisi material:
Mineral adalah suatu unsur atau senyawa yang dalam keadaan normalnya memiliki unsur kristal dan terbentuk dari hasil proses geologi.[1]
Klasifikasi modern telah mengikutsertakan kelas organik kedalam daftar mineral, seperti skema klasifikasi yang diajukan oleh Dana dan Strunz.[2][3]

Genesis Mineral

Genesis suatu deposit mineral dapat dibagi menjadi 2 kelompok utama,[4] yaitu :
  • Kejadian yang disebabkan oleh proses-proses internal- terdiri dari 5 proses, yaitu :
Kristalisasi magmatik (magmatic crystellization), Segregasi magmatik (magmatic segregation), Hidrotermal (hydrothermal), Sekresi lateral (lateral secretion), dan Metamorfik (metamorphic).
  • Kejadian yang disebabkan oleh proses-proses di permukaan .terdiri juga atas 5 proses, yaitu :
Akumulasi mekanik (mechanical accumulation), Presipitasi sedimenteri (sedimentary precipitation), Proses-proses residual (residual processes), Sekunder atau supergen (secondary or supergene), dan Semburan volkanik (volcanic exhalative = sedimen-tary exhalative).
SUMBER:https://id.wikipedia.org/wiki/Mineral

Komentar

Postingan Populer